7 Rahasia Sukses Bisnis Hidroponik

| By : Fahrul
Bisnis hidroponik mungkin masih dipandang sebelah mata. Padahal jika mau menekuni, bisnis ini bisa menghasilkan peluang yang besar dan menjanjikan. Hidroponik sendiri merupakan budidaya tanaman dengan memanfaatkan air dan tanpa menggunakan tanah sebagai media tanam.

Baca Juga : Enam Ide Bisnis Kerajinan Tangan yang Patut Anda Geluti

Meskipun demikian, cara ini mampu memenuhi kebutuhan nutrisi pada tanaman. Jika Anda penasaran, bagaiamana bisnis ini bisa menjanjikan  kesuksesan, maka simaklah 7 rahasia sukses bisnis hidroponik untuk pemula ini:

#Merupakan bisnis yang mudah dikembangkan
Bagi pemula sekalipun, tidak akan sulit untuk mengembangkan tanaman hidroponik. Media tanam yang dibutuhkan cukup praktis. Bisa dikatakan pula bahwa bertanam hidroponik adalah salah satu hal yang menyenangkan, tekniknya sederhana dan murah. 

#Hemat tempat
Salah satu keunggulan bertanam dengan cara hidroponik adalah karena hemat tempat. Kita tidak butuh berhektar tanah untuk bertanam. Dengan lahan sempit sudah bisa bertanam tanaman. Kita hanya perlu mempersiapkan media atau wadah larutan yang ukurannya tergantung  dengan  ukuran tanaman yang akan dibudidayakan.

#Medianya mudah
Keuntungan selanjutnya adalah medianya mudah. Kita bisa menggunakan media yang ada di sekitar kita untuk bertanam hidroponik, seperti toples, gelas, ember, atau tempat lainnya yang bisa membantu budi daya tanaman.

Baca Juga : Peluang Dan Cara Memulai Bisnis Boneka

Anda perlu pula memperhatikan cara bertanam yang benar, yakni membungkus setiap wadah yang ada dengan alumunium foil untuk wadah-wadah bening, untuk memperkecil kemungkinan tumbuhnya lumut. 

#Belajar dan tekun
Memulai dan mengembangkan bisnis apapun, dibutuhkan ketekunan dan juga kemauan untuk belajar. Mulailah dengan belajar dan membaca banyak referensi tentang menumbuhkan tanaman  hidroponik yang benar dan juga sukses. Tidak sembarangan kita bisa menanam tanaman hidroponik. Untuk sebuah bisnis, perlu dipelajari baik cara bertanam, perawatan, hingga cara memasarkan yang benar. Bila memungkinkan, belajarah dari pakar yang sudah berkecimpung di bisnis ini. 

#Tanpa pestisida
Iniah keuntungan yang sekaligus menjadi rahasia kenapa bisnis hidroponik menjadi favorit banyak orang, yakni tidak menggunakan pestisida. Karena tempat menanam dirawat dengan baik, maka memungkinkan untuk mencegah hama masuk ke ruangan penanaman. Dan jika sistem penanaman dilakukan dengan baik, maka tidak perlu memenuhi nutrisi tanaman dengan pestisida, melainkan bisa dilakukan dengan teknik yang lain.

#Menyesuaikan lahan dengan tanaman
Ada banyak tanaman untuk hidroponik, seperti sawi, selada, dan sayura hijau lainnya. Tanaman ini bisa dikembangkan dengan cara hidroponik dan tak perlu media tanah yang luas. Dengan demikian, prospek bisnis ini cukup menguntungkan. Bukan hanya itu, tanaman lain seperti tomat maupun cabai juga bisa tumbuh melalui metode ini. 

#Mencoba hidroponik cabai
Cabai adalah salah satu tanaman yang bisa dibudidayakan dengan cara hidroponik. Pasarnya pun cukup luas, yakni mulai dari supermarket hingga restoran. Beberapa alasan tanaman hidroponik diminati adalah karena tanaman  ini tidaklah terlalu kotor hingga mudah untuk dicuci. Hal ini memudahkan pemilik usaha restoran untuk mengolah bahan makanan mereka.

Baca Juga : Peluang Bisnis Laundry Sepatu Yang Menggiurkan

Alasan lainnya adalah tidak menggunakan pestisida. Tanaman yang tidak menggunakan pestisida tentu jauh lebih diminati. Jadi, tidak heran jika banyak restoran yang tak sungkan membeli tanaman hidroponik ini. Ada satu lagi keuntungan dan keunggulan tanaman hidroponik, yakni tidak adanya hama seperti ulat yang menyerang. Hal ini tidak lain karena perawatan tanaman ini cukup telaten, yakni menggunakan tempat yang bersih dan juga terawat.

Demikianlah 7 rahasia sukses bisnis hidroponik. Apapun sayuran yang Anda tanam, memiliki peluang suskes yang besar. Pelajari teknik pengembangan setiap tanaman, dan cara memasarkannya.

0 komentar:

Poskan Komentar