Enam Ide Bisnis Kerajinan Tangan yang Patut Anda Geluti

| By : Fahrul
Apakah Anda lebih memilih menjadi pengusaha dibanding jadi pegawai atau karyawan? Kalau demikian, maka sekarang saatnya Anda memilih ide bisnis untuk memulai usaha Anda sendiri. Salah satu bisnis yang patut Anda perhitungkan adalah bisnis kerajinan tangan. Bisnis ini tidak bisa dipandang sebelah mata, karena jika sukses, maka Anda bisa meraup puluhan juta rupiah perbulannya. 
Untuk memulainya, carilah barang kerajinan tangan yang bisa dimulai dengan memanfaatkan sumber daya yang ada. Ingat, bahwa tidak semua media atau bahan baku kerajinan tangan mudah ditemukan, misalnya kerang. Jika tempat tinggal Anda tidak berada di kawasan pantai atau jika Anda tidak punya supplier untuk kerang, maka Anda tidak akan bisa sukses di bisnis ini. Sebagai referensi, berikut ini ada beberapa ide bisnis kerajinan tangan yang bisa Anda geluti:

#Kerajinan tangan bingkisan
Usaha bidang ini bisa dibilang cukup potensial. Peluang ini bisa melayani permintaan dari pembuatan bingkisan yang digunakan untuk peningset. Selain itu, ada pula permintaan untuk parsel yang biasanya akan datang dalam jumlah besar khususnya pada hari-hari besar seperti lebaran atau tahun baru. 

Anda bisa memasarkan usaha Anda melalui wedding organizer, EO, dan instansi untuk mempromosikan usaha Anda. Sedangkan untuk parsel sendiri, Anda bisa bekerjasama dengan supermarket untuk membantu menjualkan produk milik Anda.

#Kerajinan tangan anyaman
Bagi yang memiliki minat di bidang menganyam, maka peluang ini bisa menjadi peluag yang bagus untuk dikembangkan. Apalagi pasar untuk usaha ini cukup terbuka lebar baik untuk pasar dalam neegri maupun pasar luar negeri. Bisnis kerajinan tangan anyaman bisa berupa tas, keranjang, taplak, dan  masih banyak lagi item yang bisa dibuat dari anyaman.

Baca Juga :  Peluang Dan Cara Memulai Bisnis Boneka

Daftarkan diri Anda sebagai supplier bagi penyalur kerajinan anyaman besar untuk membangun brand milik Anda. Yang perlu diperhatikan dalam hal ini adalah pilihan desain barang yang kreatif dan inovatif. Karena ketika kita bergelut dibidang ini, maka kita harus stand out  atau memiliki keunggulan yang bisa ditawarkan ke konsumen kita. 

#Kerajinan tangan kreasi toples
Ide bisnis yang satu ini memiliki peluang yang cukup menjanjikan. Bahan utama yang dibutuhkan adalah toples dan juga aneka macam aksesoris untuk memperindah tampilan toples. Untuk meningkatkan penjualan dan untuk memperkenalkan  produk Anda, ikutilah pameran-pameran kerajinan yang banyak diadakan.

#Kerajinan tangan aksesoris
Wanita khususnya memiliki ketertarikan bidang aksesoris. Jadi, tidak  salah jika Anda memilih untuk memulai usaha kerajinan tangan berupa aksesoris wanita. Banyak sekali keragamann dari aksesoris ini, seperti bros, hiasan tas, lionin, gelang, cincin, aksesoris rambut, hingga aneka kreasi pita. 

Bahan yang digunakan dalam kerajinan ini pun juga beragam, mulai dari yang murah hingga mahal. Inovasikan setiap kreasi yang dibuat untuk menarik minat pembeli. Pelajari pula trend yang ada, karena biasanya wanita memiliki kecenderungan untuk menyukai sesuai yang sedang menjadi trend di masyarakat.

#Kerajinan tangan cake dan cupcake
Bisnis yang satu ini mulai dilirik banyak orang. Cake maupun cupcake bukan hanya seni memasak kue, namun juga seni menghias. Butuh kemahiran  dan kreativitas tersendiri untuk bisa menciptakan sebuah cupcake cantik dan indah dengan nilai jual yang tinggi.

Baca Juga :  Peluang Bisnis Gulali Tradisional

#Kerajinan tangan jilbab
Sekarang ini, trend memakai hijab sedang marak. Hijab sudah menjadi fashion yang trendy. Oleh karenanya, semakin banyak pengguna hijab yang ingin memakai sesuatu yang trendi dan fashionable namun juga praktis. Salah satunya adalah jilbab instan atau siap pakai.

Hal ini mendasari banyak bisnis jibab siap pakai yang lahir dan meraih sukses cukup besar dipasaran. Karena peluang dan pasarnya cukup besar, maka bisnis kerajinan tangan yang satu ini menjadi bisnis yang  patut untuk digeluti.

0 komentar:

Posting Komentar