Langkah-Langkah Mudah Memulai Bisnis Pakaian

| By : Fahrul
Bisnis dalam bidang pakaian memang selalu saja menguntungkan, baik itu online maupun offline. Justru dengan semakin gencarnya media online saat ini, kita makin mudah memasarkan produk pakaian kita kepada konsumen. Sarana promosi dan pemasaran pun akan lebih muda melalui media ini.

Jadi  bagi yang ingin memulai usaha berjualan pakaian, maka bisa segera dimulai. Caranya mudah dan tidak ribet, asalkan konsisten dan tidak menyerah dalam menghadapi hambatan yang ada, maka kesempatan untuk sukses akan semakin besar. Lalu, langkah apa saja yang harus dilakukan untuk memulai bisnis ini?

Langkah Sederhana Memulai Bisnis Pakaian

1# Menentukan pakaian yang akan dijual
Seperti kita tahu, ada banyak sekali jenis pakain yang bisa dijual. Seperti contohnya adalah pakaian muslim, pakaian anak, pakaian distro, pakaian kantor, dan sebagainya. Oleh karena itu penting hukumnya untuk memilih jenis pakaian mana yang akan kita jual. 

Baca Juga : 8 Tips Usaha Distro Pakaian Yang Wajib Diterapkan

Melihat keadaan pasar dan minat konsumen juga bisa menjadi salah satu cara untuk menjadi bahan pertimbanagn  dalam menetapkan jenis pakaian apa yang hendak dijual. Misalkan sekarang banyak orang yang lagi suka pakai kaos sablon, maka kita bisa membuka usaha pakaian berupa koas sablon ala distro. 

2#  Tentukan merek pakaian
Jika kita bukan sebagai supplier atau ritel pakian, dalam artian kita punya produksi pakaian sendiri, maka  kita harus menentukan merek untuk pakaian kita. Pilh nama yang mudah diingat dan juga mengandung arti yang unik. Jika sudah ada merek yang ditemukan, jangan lupa untuk didaftrakan ke kantor hak paten.

3# Menentukan desain pakaian
Yangdicari knsumen tentu bukan hanya masalah kenyamanan dari pakaian yang mereka beli,  namun lebih jauh lagi, konsumen menginginkan sebuah produk yang memiliki desain yang bagus. Untuk itulah, kita perlu mempekerjakan seorang yang profesional dalam membuat desain pakaian yang akan dijual. Jika tidak, carilah  referensi pakaian yang modelnya lagi digandrungi masyarakat. Hanya perlu diingat bahwa kita tak bisa meniru desain ini sama persis, karena akan menyalahi hak paten yang ada.

Baca Juga : 5 Trik Sukses Usaha Distro Pakaian

4# Bahan baku
Langkah selanjutnya adalah membeli bahan pakaian yang akan dibuat. Belilah ke pusat grosir untuk mendapat harga yang jauh lebih murah. Carilah satu penjual baik  itu kain, benang  kancing baju, maupun asesoris  pakaian lainnya ditempat yang terpercaya baik secara kualitas atau harga. Jika perlu jadikan orang tersebut sebagai langganan agar kita bisa mendapat potongan harga di sana.

5# Cari penjahit
Setelah memiliki  kain dan benang sebagai bahan baku pakian, maka yang harus kita lakukan adalah mencari penjahit. Jika kita tak bisa menjahitnya sendiri, maka pekerjakan orang untuk membantu. Buat desain sebelum menjahit pakaian, agar hasil pakaian tersebut sesuai ekspektasi awal dan tidak mengecewakan. Kesuksesan bisnis pakaian  akan bergangtung pada kepuasan konsumen, jadi pastikan untuk selalu menjamin kualitas dan kenyamanan pakaian yang dibuat dan dijual.

6# Lakukan promosi
Ketika kita sudah punya barang yang siap dijual,  langkah selanjutnya adalah promosi. Promosi ini bisa dilakukan dengan banyak cara, yaitu bisa dengan brosur, mengikuti pameran, dan bisa juga memanfaatkan media  sosial. Jangan lupa untuk membuka toko online karena toko macam ini bisa membuka peluang yang besar untuk mensukseskan pakaian kita. Terlebih lagi bagi yang baru memperkenalkan usaha pakaian, maka buat citra yang positif di masyarakat. 

Baca Juga :  Peluang Dan Potensi Bisnis Kaos Daerah

Demikian tadi, beberapa  tips dan langkah mudah untuk memulai bisnis pakaian yang menjanjikan.  Jika kita mau memulainya dan juga konsisten dalam mengembangkannya, maka kita bisa menjadikan bisnis sebagai bisnis yang menjamin kesuksesan di masa depan. 

Satu lagi tips yang harus diterapkan, yakni jangan takut gagal. Tanaman mindset ini, agar bisnis tidak layu saat ditengah jalan. Bahkan ketika menghadapi tantangan dan hambatan, jangan langsung mengeluh dan menyerah,  namun kita harus berani mencari solusi yang bisa menyelamatkan bisnis kita. 

0 komentar:

Poskan Komentar