Tips Mudah Membuka Usaha Jasa Cleaning Service

| By : Fahrul
Usaha jasa cleaning service adalah salah satu usaha yang cukup menguntungkan. Membuka usaha ini juga tak butuh modal besar. Pelajari strategi untuk membuka usaha ini jika tetarik untuk menekuninya. 

Baca Juga : Peluang Bisnis Sabuk Bonceng Untuk Anak Kecil


Perlu diingat bahwa untuk memulai dan juga menjalankan usaha ini, butuh kerja keras dan juga semangat pantang menyerah. Pasalnya, ketika bisnis sudah berjaan, akan ditemui berbagai tantangan dan juga persaingan di pasar. Oleh karena itu, sebelum memulai bisnis, tidak ada salahnya untuk mempelajari seluk beluk usaha ini.

5 Tips Untuk Membuka Usaha Jasa Cleaning Service

1# Tidak perlu beli peralatan baru
Meskipun kita membuka usaha cleaning service, namun tak perlu belanja jor-joran untuk membeli peralatan baru. Gunakan alat yang sederhana saja, karena kita baru dalam bisnis ini. Peralatan yang dibutuhkan adalah sapu, sikat, pengki, kain lap, pel, alat vacuum cleaner, dan juga ember.

Setelah usaha berjalan dan didapat keuntungan yang lumayan, barulah kita bisa meng-update peralatan yang dimiliki. Beilah polisher atau alat untuk memoles permukaan keramik, teraso, marmer, dan juga permukaan granit. Harga alat ini cukup mahal, oleh karena itu kumpulkan modal yang cukup terlebih dahulu sebelum membeli.

Baca Juga : 7 Rahasia Sukses Bisnis Hidroponik

Bagaimana jika modal belum juga terkumpul? Kita bisa membeli peralatan bekas yang masih memiliki fungsi yang bagus. Mesin ini bisa dihargai dengan harga 5 juta saja, lebih murah dibandingharga mesin baru yang bisa mencapai 15 juta rupiah.

2#  Memilih pasar yang tepat
Dengan peralatan yang ada, pilihlah target pasar yang pas, apakah kita akan melayani permintaan perorangan untuk memberihkan rumah ataukah kita siap melayani permintaan sebuah perusahaan. Jika peralatan yang dimiliki masih minim, maka pilihlah target pasar sekelas rumah tangga dulu. Jika sudah berkembang, maka kita bisa melayani permintaan untuk area perkantoran. Lagi pula, untuk konsumen yang lebh luas juga dibutuhkan karywan yang banyak, jadi pikirkan juga upah karyawan yang kita pekerjakan.

3# Mempersiapkan alat transportasi
Ingat, bahwa kita butuh membawa alat untuk melayani konsumen, jadi perlu disediakan transportasi yang tepat untuk bisnis ini. Jika kita hanya membawa alat sedikit seperti vacuum cleaner, maka kita bisa menggunakan sepeda motor. Tapi, bagaimana kalau kita harus membawa banyak peralatan? Maka kita harus sediakan transportasi yang tepat untuk itu. Dengan demikian, untuk menjalankan usaha jasa cleaning service, jangan lupakan menyediakan sarana transportasi untuk memudahkan menjaankan usaha.

4# Melayani dengan maksimal
Usaha cleaning service itu menjual jasa, jadi keuasan klien sangat menentukan nasib perusahaan di masa depan. Pastikan kalau klien puas dengan kinerja kita. Berikan layanan yang ramah dan yang terbaik, agar mereka menggunakan jasa kita di lain waktu.

5# Lakukan pemasaran

Suatu usaha jasa tidak akan dikenal jika kita tidak melakukan usaha pemasaran. Jadi, manfaatkan sosial media yang ada untuk promosi. Buat brosur yang menarik, dan lakukan promo di komplek perumahan atau di area perkantoran. Dengan demikian, akan semakin banyak orang yang mengenal jasa cleaning service kita. Namun perlu diingat juga bahwa sebenarnya pemasaran yang paling jitu adalah dari mulut ke mulut. 

Baca Juga : Enam Ide Bisnis Kerajinan Tangan yang Patut Anda Geluti

Dalam artian, konsumen yang sudah puas dengan kinerja kita mereka akan melakukan promosi ke teman atau rekan mereka yang lain sehingga membuat jasa kita menjadi jasa yang dikenal karena memiliki kepercayaan dari para konsumen yang luas. Oleh karena itu, perlu ditekankan lagi bahwa kunci usaha jasa cleaning service yang sukses adalah dengan memberikan layanan yang memuaskan.

1 komentar: