Peluang Dan Cara Memulai Bisnis Boneka

| By : Fahrul
Boneka menjadi item yang banyak diburu bukan hanya oleh anak-anak saja. Nyatanya, banyak orang  dewasa yang juga memburu boke untuk banyak keperluan. Rasanya, bisnis boneka tak kenal jaman dan waktu. Kapanpun itu, bisnis ini cukup ramai, apalagi untuk musim valentine misalnya, maka permintaan boneka bisa melambung. 

Baca Juga :  Strategi Pemasaran Usaha Jasa Cuci Sofa

Boneka yang menjadi pilihan kado spesial ini nampaknya sudah mejadi trend di kalangan masyarakat, hingga tidak heran jika bisnis ini bisa membawa kesuksesan banyak orang. Penasaran bagaimana berbisnis boneka yang menguntungkan? Berikut ini ada beberapa tips untuk memulai bisnis boneka yang bisa Anda terapkan kedepannya nanti.

Cara Memulai Bisnis Boneka Dan Faktor Yang Menentukan Kesuksesan

*Tentukan target pasar
Hal pertama kali yang harus ditentukan  adalah tentang target pasar. Jangan sampai kita menjual bonek tapi salah sasaran. Misal kita jual boneka mahal dengan harga kisaran 200 hingga 300 ribu rupiah, maka kalau kita jualnya di kawasan anak TK biasa, maka boneka tidak akan laku. Tentukan dulu siapa yang akan beli boneka kita. Sesuaikan kualitas dan harga. Bisa pula menentukan target pasar anak muda, yang relatif mencari kualitas dibanding harga murah.

*Pilih lokasi yang strategis
Lokasi sangat menentukan kesuksesan dalam bisnis apapun, termasuk bisnis ini. Sesuaikan lokasi dengan target pasar. Dimana kita akan jualan juga bisa menentukan tingkatan harga. Membuka lapak di mall misalnya, tentu akan membuat harga boneka menjadi mahal, namun target pasar kita memang kalangan menengah ke atas yang mengutamakan kualitas bukan harga, jadi tidak akan rugi. Kalau target pasar kita menengah ke bawah, maka pilihlah lokasi yang selalu bisa dijangkau kalangan tersebut.

Baca Juga : Peluang Usaha Cuci Mobil Bagi Pebisnis

*Cari pemasok boneka terpercaya
Kebanyakan penjual boneka tidak memproduksi boneka sendiri. Mereka mendapatkan boneka dari para pemasok. Untuk itulah, memiilh pemasok ini sangat penting untuk menjamin ketersediaan barang, baik dalam hal jumlah dan juga kualitas yang konsisten. Bukan masalah itu saja, namun pemasok hendaknya membuat boneka yang up to date. 

Sekarang ini, trend seringkali berubah. Oleh karenanya, penting untuk mencari pemasok yang kreatif dan mampu memenuhi permintaan kita untuk selalu memberikan produk yang terbaik dan kekinian untuk konsumen kita. Adaya pemasok untuk bisnis boneka sangatlah penting, maka dari itu, jalin kerjasama yang baik dengan mereka. 

*Desain toko Anda
Tampilan sebuah toko bisa mencerminkan kualitas dan juga mutu barang yang dijual. Desain toko ini sendiri bisa memberikan pengaruh yang besar pada minat calon konusmen. Untuk itulah, desain dengan sebaik-baiknya. Bila target pasar kita anak muda, maka desain toko bisa dengan menggunakan warna atau item ala anak muda. Jika target kita anak-anak, maka desain dengan gaya yang disukai anak-anak. 

*Sediakan barang yang lengkap
Barang yang disediakan di toko untuk aneka boneka harus lengkap. Mulai dari ukuran dan warna, sebaiknya menyediakan stok yang Bergamam. Hal ini karena minat konsumen itu berbeda-beda. Aneka bonek baik hewan maupun replika item lainnya akan lebih baik jika disediakan beragam. Khususnya dalam hal ukuran. Makin bervariasi ukuran, maka makin besar minat konsumen untuk bertandang ke toko kita dan membeli boneka.

Baca Juga : Peluang Bisnis Gulali Tradisional

*Melakukan promosi
Bisnis apapun akan bisa berkembang pesat jika dibarengi dengan promosi yang tepat. Sekarang ini banyak usaha yang melakukan promosi dengan  dua cara, yaitu online dan offline. Untuk offline kita bisa memanfaatkan sistem member dan memberikan promo berupa diskon pada konsumen dengan pembelian dalam jumlah tertentu. Sementara untuk online, manfaatkan sosial media yang akan mendatangkan pelanggan baru bagi bisnis boneka kita.

0 komentar:

Posting Komentar