Cara Memulai Usaha Catering Dengan Modal Minim

| By : Fahrul
Memiliki sebuah usaha menjadi impian banyak orang. Berbagai ide bisnis yang ada menjadi solusi bagi banyak orang untuk meningkatkan kesejahteraan hidup keluarganya. Salah satu usaha yang bisa diperhitungkan sebagai sumber penghasilan utama maupun tambahan adalah usaha catering. Pelajari benar cara memulai usaha catering.
Meskipun dengan moda kecil, di bawah 10 juta, kita pun sebenarnya sudah bisa memulai usaha ini dan mendapatkan  hasil yang lumayan. Bagi yang bermodal kecil pun, tak berarti hilang kesempatan untuk memulai bisnis ini. Beberapa cara berikut ini bisa membantu dalam memulai bisnis catering dan menawarkan kesuksesan.

5 Cara Memulai Usaha Catering Bermodal Minim

*Layani permintaan dari konsumen kelas kecil

Dengan modal kecil, tentu saja konsumen yang kita layani adalah mereka yang memiliki event kecil. Banyak event atau  acara yang membutuhkan jasa catering, seperti acara arisan keluarga, acara reuni, acara syukuran khitanan, acara syukuran ulang tahun, dan berbagai acara lain yang tidak membutuhkan modal yang banyak dan juga persiapan yang terlalu ribet. 

Jangan ragu untuk memberikan  pelayanan terbaik meskipun  konsumen hanya memesan nasi 20 box. Karena dari satu konsumen yang puas, maka akan ada word of mouth atau penyebaran berita dari mulut ke mulut tentang kualitas suatu catering. Ini adalah salah satu promosi gratis yang bisa mengembangkan nama catering kita.

*Promosikan kepada para tetangga dan komunitas

Cara memulai usaha catering modal kecil lainnya adalah dengan melakukan promosi. Lakukan promosi dan tawarkan produk kita pada para tetangga. Bila perlu kita bisa masuk ke komunitas tertentu sehingga ketika komunitas tersebut mengadakan event, maka mereka akan meggunakan jasa catering kita. Hal ini cukup efektif untuk menjaring pasar yang potensial.

*Cetak brosur

Meskipun usaha catering kita kecil dan tak bermodal besar, namun jangan lewatkan cara promosi konvensional ini, yakni dengan menyebarkan brosur. Gunakan gambar terbaik yang merepresentasikan kualitas catering kita. 

Baca Juga : Belajar Bisnis Online Affiliate Dari 3 Toko Online Sukses Di Indonesia

Tulis pula testimony yang sudah ada. Gunakan pula deskripsi singkat mengenai usaha tersebut dan juga kelebihan yang dimiliki dibanding catering lain. Foto dan tulisan yang menarik akan bisa menggaet konsumen meskipun mereka sendiri belum pernah mencicipi rasa dari catering tersebut.

*Menggunakan alat masak yang sudah ada sebelumnya

Salah satu anggaran modal terbesar dalam suaha catering adalah dalam hal pembelian alat-alat masak. Apalagi bagi catering skala besar, maka pasti butuh alat masak lebih banyak dan lebih lengkap, serta lebih komplit. 

Namun bagi usaha catering dengan modal minim, terlebih dahulu bisa menggunakan alat masak yang dimiliki, baru setelah terkumpul modal yang cukup, bisa membeli alat masak yang lebih besar dan lebih layak untuk kebutuhan sebuah usaha. Pada saat membeli alat masak, usahakan pula untuk memilih dengan kualitas terbaik, agar durable atau tahan lama.

*Pekerjakan 2 taau 3 karyawan

Sebuah catering, meskipun itu kelas kecil, haruslah memiliki orang yang membantu pekerjaan kita  agar cepat dan tepat dalam melayani klien. Dengan modal minim, pekerjakan dua atau tiga karyawan yang bisa membantu. Agar lebih irit lagi, karyawan itu bisa dari anggota keluarga sendiri atau tetangga. Dengan karyawan yang sedikit, kebutuhan event yang bisa kita penuhi adalah event kecil, seperti acara keluarga, pengajian, atau syukuran kecil-kecilan.

Baca Juga : Peluang Usaha Es Cream Modal Kecil Untung Jutaan

Meskipun dengan modal minim, ada trik dan cara memulai usaha catering yang menjanjikan. Jika kita konsisten untuk selalu mempersembahkan menu dan cita rasa yang terbaik bagi konsumen, maka bukan tidak mungkin usaha catering tersebut bisa berkembang dan menjadi salah satu usaha yang menjanjikan kesejahteraan.

0 komentar:

Poskan Komentar