Kisah Sukses Bisnis Online Yang Menginspirasi

| By : Fahrul
Banyak orang yang masih ragu untuk memulai sebuah bisnis. Ada banyak alasan, mulai takut rugi, pilih jadi pegawai, sampai tidak ada modal. Padahal sebenarnya itu semua bukanlah alasan untuk berhenti bermimpi menjadi pengusaha. Jika Anda butuh inspirasi, maka kisah sukses bisnis online berikut ini wajib Anda baca. Kenapa? Karena saat ini bisnis yang dijalankan via online merupakan bisnis yang menjanjikan bahkan memiliki prospek yang cerah di masa sekarang dan di masa yang akan datang. Jika Anda masih ragu, simaklah kisah inspiratif berikut ini:

3 Kisah Sukses Bisnis Online Yang Memulai Bisnis Dari Nol

1. Rico Huang
Rico lahir di Jakarta tahun 1995. Bisnis yang dirintis Rico sudah dimulai sejak SMA kelas 1. Ayah dan ibunya yang merupakan perantauan mengajarkan ia hidup sederhana. Bisnis online yang dirintis adalah menjual kaos polos lewat blog yang ia jual kepada kawan-kawannya di SMA. Kala itu, dalam sebulan, ia bisa menghasilan uang hingga 500 juta rupiah. Namun ia juga mengalami kerugian, yakni sebesar 1 juta rupiah karena stok barangnya tidak habis. Karena hal inilah, Rico pindah haluan untuk berjualan gadget yang dibantu oleh saudaranya lewat online shop. 


Diumurnya yang 17 tahun, setelah ia bisa mengumpulkan modal, maka ia membuka bisnis yang ia impi-impikan, yaitu jualan mie ayam. Bisnis sini gagal dan meninggalkan kerugian hingga 15 juta rupiah. Akhirnya, Rico kembali menggeluti bisnis menjual gadget dan aksesoris handphone di twitter, kaskus, yang bisa menghasilkan keuntungan hingga 100-150 juta perbulan saat usianya maish 18 tahun. Twitter online storenya @AlonaGadget. Dalam twitternya, Rico juga suka berbagi tips yang inspiratif kepada orang lain mengenai kesuksesannya.

2. Seno Aji Airlangga
Cerita Seno ini merupakan kisah sukses bisnis online yang bisa menginspirasi. Otak dagang Seno sudah tertanam sejak SD, karena keluarganya adalah keluarga yang sederhana, maka Seno ingin menghasilkan uang dari berdagang. Bisnis ia mulai dengan menyewakan komik-komik berseri, seperti Conan, Doraemon, Dragon ball yang ia dapat dari pemberian ayahnya. 


Pada masa SMP dan SMA, Seno tidak memperlihatkan jiwa dagangnya, bahkan ia cenderung terlihat minder karena keterbatasan ekonomi keluarganya. Hingga ia menjadi seorang mahasiswa di sebuah kampus negeri di Jakarta, ia mulai berjualan lagi dimulai dengan jualan pulsa. Tahun 2008, Seno mendapat sebuah handphone dari ayahnya yang lalu ia jual di KASKUS. Setelah laku, ia membelanjakan uangnya untuk membeli handphone murah di sana, lalu menjualnya kembali. Hal tersebut ia lakukan terus menerus hingga ia mendapat modal lumayan dan ia menyetok blackberry dan menjualnya kembali. 

Dengan perjuangan yang tak mudah, pernah rugi dan ditipu, kini Seno sudah bisa mandiri penghasilan, ia sudah punya mobil pribadi dari hasil bisnis onlinenya. Bahkan ia bisa menaikkan haji orangtuanya dari orang yang ia hasilkan. Seno bisa dihubungi @seno, kini menjadi public speaker yang cukup dikenal di Indonesia.

3. Fransisca Purnama
Ia mulai mencari uang sendiri sejak SMA. Ia mengajar les anak-anak SMP untk mendapatkan uang. Karena kesusahan dalam hal ekonomi keluarga, Fransisca memutuskan untuk tidak kuliah. Sempat belajar lewat short course dan bekerja kantoran, namun ia tak puas dengan hasil yang ia dapat. Akhirnya ia mulai bisnis online. 


Dari sosial media, ia bisa mendapat keuntungan 1 hinga 10 juta rupiah perminggu. Meksipun banyak yang menyepelekan Fransisca, namun baginya bisnis ini adalah bisnis yang pantas digeluti ,karena pada awal bisnis ia bisa mendapat penghasilan 4 hingga 5 kali gaji kantornya. 

Tiga kisah sukses bisnis online di atas nampaknya bisa menjadi gambaran bahwa bisnis itu mudah, asal kita tanguh dan berani memulainya. Tidak ada kata tidak mungkin untk menjadi orang yang sukses. Jalan online sudah menunjukan ke banyak orang bahwa orang yang tidak punya modal pun bisa menjadi kaya raya dengan menggeluti bisnis online.

0 komentar:

Posting Komentar