4 Kisah Sukses Wirausaha Indonesia

| By : Fahrul
Semakin sempitnya lapangan pekerjaan saat ini membuat banyak orang mulai melirik dunia usaha. Banyak kisah sukses wirausaha yang dapat menjadi contoh yang menginpirasi banyak orang. Dengan menjadi pengusaha seseorang bisa mandiri secara finansial dan juga bisa menjadikan diri bermanfaat bagi orang banyak dengan membuka lapangan pekerjaan. 


Jadi, sebenarnya ketika menjadi pengusaha, kita tidak sukses sendirian, melainkan kita juga mengajak banyak orang untuk merasakan sukses bersama-sama. Berikut ini 4 kisah sukses wirausaha dari Indonesia yang bisa menjadi inspirasi ketika mulai merintis bisnis:

1. Bob Sadino
Rasaya, nama Bob Sadino sudah akrab di telingan orang Indonesia. Mendiang Bob Sadino meninggalkan kisah inspiratif yang menjadikannya sebagai seorang pengusaha sukses Indonesia. Seperti halnya pebisnis lainnya, ia juga mengalami jatuh bangun untuk meraih sukses. Ia sempat menjadi pegawai selama 9 tahun hingga ia berhenti dan memutuskan untuk menjadi pengusaha.

Ia pernah menyewakan mobil yang ia sopiri sendiri. Setelah musibah kecelakaan ia berprofesi sebagai buruh bangunan. Saat melakoni pekerjaan ini, ia mulai melihat peluang bisnis yang menjanjikan, yakni bisnis ayam dan telur ayam negeri. Awal bisnis, ia menawarkan sendiri dagangannya dari rumah ke rumah dengan modal yang ia pinjam dari tetangganya. Sasaran utamanya adala para ekspatriat di bilangan Kemang Jakarta Selatan. 

 
Bisnis ini berbuah manis dan sukses diikuti dengan bisnis daging dan juga sayuran hidroponik. Ia lalu mendirikan Kem-Chicks, sebuah supermarket ternama yang menjual berbagai produk peternakan dan pertanian.

2. Susi Pudjiastuti
Wanita tangguh yang kini menjabat sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan RI ini merupakan pengusaha yang terkenal di Indonesia. Bisnisnya ialah dibidang perikanan yang sukses. Ceritanya ia mulai dari SMA yang tak ia tuntaskan, dan dilanjutkan dengan berjualan pakaian dan ber cover. Saat itu ia melihat potensi bisnis di wilayahnya, Pangandaran yang merupakan penghasil ikan.

Dari modal yang ia punya, ia membeli ikan di tempat pelelangan dan menjualnya ke sejumlah restoran. Dengan rintangan dan hambatan yang ada, akhirnya Susi sukses menguasai bursa pelelangan ikan Pangandaran dan merambah ekspor ikan dan lobster yang sukses. dengan adanya hambatan berupa lamanya pengiriman ikan melalui jalur darat dan laut, maka ia membangun bisnis maskapai penerbangan dengan modal yang ia dapat dari bank. Kini maskapai penerbanan Susi Air mampu melayani rute pedalaman dan carter.

3. Reza Nurhilman
Inilah salah satu kisah sukses Wirausaha Indonesia. Mungkin banyak yang belum kenal namanya, namun mengenal produknya, yaitu “Kripik Setan”. Reza adalah nama dibalik kesuksesan dari Kripik Setan yang pedas dan populer ini. pada pertengahan tahun 2010, Reza memulai bisnis kripik singkong. Cara pemasarannya ialah dari sosial media, twitter yang kemudian mengembangkan sistem keagenan untuk menjaring konsumen yang lebih luas lagi. 


4. Gibran Rakabuming
Meksipun lahir di keluarga yang berkecukupan, namun Gibran, putra Bapak Jokowi ini tidak lantas hanya berpangku tangan dari kesuksesan ayahnya. Ia memilih merintis usaha sendiri tanpa campur tangan ayahnya. Ia mengajukan pinjaman ke bank untuk memperoleh modal usaha. 

Dengan modal tersebut, ia membuka Chili Pari sebagai catering yang melayani pesanan partai kecil. Dengan kemampuan dan keuletannya, maka Gibran mampu mengembangkan Chili Pari untuk bisa melayani pesanan partai besar dengan jumlah tamu mencapai ribuan orang.

4 kisah sukses wirausaha Indonesia tadi nampaknya bisa menjadi gambaran, bahwa bukan besarnya modal yang menentukan kesuksesan, namun keuletan dan jiwa pantang menyerah yang bisa menuntun seseorang untuk menggapai jalan sukses.

0 komentar:

Posting Komentar